HEIHEIHEI :)

haiiii welcome to my blog....
:)
qta bagi^ ilmu..
mga bermanfaat ya...

Minggu, 31 Juli 2011

Penyebab Kita Gampang Mengantuk




Rasa kantuk sering kali datang menghampiri setiap saat. Keadaan yang terus begini dapat mengganggu diri sendiri bahkan pekerjaan kita. Apabila tubuh perlu istirahat maka akan memberikan kode dalam bentuk rasa kantuk (mengantuk). Bayangkan bila kita mengantuk sedang menyetir, itu sangat berbahaya bahkan bisa saja terjadi kecelakaan.
Seperti dikutip dari Lifemojo, inilah beberapa hal yang menyebabkan tubuh kita gampang mengantuk:
a. Tidur yang kurang
Harus dipastikan kita istirahat yang cukup. Umumnya kita membutuhkan waktu tidur 8 jam dalam sehari. Kurang tidur menyebabkan gangguan kesehatan dan sangat mempengaruhi konsentrasi.
b. Anemia
Anemia adalah penyakit kekurangan darah. Kekurangan sel darah merah akan membuat kita menjadi merasa lelah, letih dan lesu. Perbanyaklah makan makan yang mengandung zat besi.
c. Gangguan saluran kemih
Gangguan saluran kemih ini dikarenakan adanya infeksi saluran kemih atau yang biasa kita sebut dengan ISK. Bagi orang yang mengalami ini, gejalanya sering sekali buang air kecil tanpa mengenal waktu. Apalagi kalau malam hari, sering bolak-balik ke kamar mandi. Itulah yang mengganggu istirahat.
d. Kerja shift
Bekerja secara shift memang mempengaruhi. Pola kerja shift tentunya di malam hari dapat mengganggu pola tidur normal sehingga dapat menimbulkan rasa kantuk.
f. Meningkatnya gula darah (diabetes)
Kadar gula di dalam darah secara normal adalah di atas 80 mg/dl. kekurangan gula di dalam darah bila kadarnya kurang dari 80 mg/dl maka akan menimbulkan gejala mengantuk.
Dengan demikian, tampak jelas penyebab mengantuk adalah bermacam-macam. Walaupun sudah makan makanan yang bergizi dan berolah raga secara teratur, bisa saja mudah mengantuk. Kita bisa mengevaluasi kembali kira-kira apa yang mungkin menyebabkan mengantuk yang sedang dialami saat ini. Tentunya, istrahat yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar