HEIHEIHEI :)

haiiii welcome to my blog....
:)
qta bagi^ ilmu..
mga bermanfaat ya...

Minggu, 31 Juli 2011

Cara Jitu Menghilangkan Rasa Cemas

Gaya Hidup – Siapa yang tidak pernah merasakan rasa cemas? Kebanyakan orang bahkan setiap orang pasti pernah merasakan cemas.
Rasa cemas menjadi tanda untuk memberi perhatian lebih pada suatu hal. Namun cemas berlebihan, bisa menguras tenaga dan pikiran. Ujung-ujungnya berdampak negatif bagi kesehatan. Rasa cemas  membuat kita terus terjaga di malam hari hingga mengurangi waktu istirahat. Hal ini tentu memengaruhi performa kita saat bekerja dan berkarya.
Ketika rasa cemas itu datang biasanya ditandai dengan telapak tangan berkeringat, jantung berdebar lebih cepat dan kencang, merasa seperti ada kupu-kupu di perut serta tenggorokan yang terasa kering. Langkah penting berikutnya bagi mereka yang ingin tahu cara untuk meringankan kecemasan seperti dilansir dari Epharmapedia, Jumat (29/7/2011) antara lain:
a.  Lakukan relaksasi
Menarik napas dalam-dalam dengan mata tertutup dapat membuat santai tubuh kita, dan  cobalah untuk memikirkan sesuatu yang menyenangkan saat melakukannya. Maka kita benar-benar akan merasakan kecemasan mulai mencair pergi.
b. Olahraga dan istirahat cukup
Lakukan olah raga ringan setiap pagi minimal jalan-jalan selama 15 s/d 30 menit. Jika selama olah raga tersebut pikiran
kita isi dengan hal-hal yang positif (bersyukur, mengangumi keindahan alam dsb) maka pikiran kita akan lebih fresh dan jernih untuk mengerjakan/melakukan sesuatu. Kemudian beristirahatlah yang cukup karena dapat membuat tubuh kita merasa sehat dan tidak mudah lelah.
c. Tidak mengonsumsi obat-obat terlarang dan alkohol
Rasa cemas bisa juga disebabkan oleh suatu keadaan medis (misalnya hipertiroidisme) atau karena pemakaian obat dari dokter maupun obat terlarang (misalnya kortikosteroid atau kokain). Riwayat keluarga dengan penyakit kecemasan bisa membantu dalam menegakkan diagnosis, karena penyakit ini seringkali diturunkan.
d. Berkonsultasi dengan dokter
Datanglah ke dokter dan coba untuk berkonsultasi tentang rasa cemas yang selalu datang. Karena kecemasan terjadi  berlangsung lama sehingga mengganggu aktivitas kehidupan yang normal, maka hal ini sudah merupakan suatu penyakit. Penyakit kecemasan sangat  mengganggu dan begitu mempengaruhi kehidupan penderitanya sehingga bisa terjadi depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar