HEIHEIHEI :)

haiiii welcome to my blog....
:)
qta bagi^ ilmu..
mga bermanfaat ya...

Minggu, 31 Juli 2011

Hindari Aktifitas Gerak Setelah Makan

Gaya Hidup – Selama ini dalam benak kita barangkali sudah tertanam sebuah sugesti kalau melakukan aktifitas gerak setelah makan akan membantu proses pencernaan. Ternyata, pemikiran tersebut salah kaprah! Pasalnya, seperti kata para pakar nutrisi, bergerak setelah makan sama sekali tidak menolong proses kerja pencernaan itu sendiri. Jadi sebenarnya tak ada gunanya untuk dilakukan.
Selain itu masih ada beberapa aktifitas lain yang sebenarnya juga harus dihindari setelah kita makan. Penasaran? Untuk itu perhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan, seperti dikutip dari Healthmad, yaitu:
1. Merokok
Banyak orang yang langsung menyambar sebatang rokok begitu usai menyantap makanannya. Dan katanya? nikmaaat luar biasa.Padahal hasil penelitian para ahli justru berkata sebaliknya loh. Asal tahu saja yang namanya merokok setelah makan ternyata sama saja dengan menghisap 10 batang rokok! Tahu kan akibat buruknya? Apalagi kalau bukan meningginya risiko terserang kanker.
2. Mengonsumsi buah
Mengkonsumsi buah segera setelah makan justru akan membuat perut kembung. Pasalnya buah umumnya mengandung banyak air, karena itu akan lebih baik jika kita baru menyantap buah 1 hingga 2 jam setelah makan.
3. Minum teh Jauhi teh.
Kenapa? Karena daun-daun teh itu ternyata mengandung asam yang tinggi. Nah, substansi asam tersebut akan mengakibatkan kandungan protein dalam makanan yang baru saja kita santap mengalami pengerasan.Akibatnya kemudian proses kerja usus pun akan mengalami kesulitan mencerna.
4. Mandi
Mandi setelah makan ternyata bisa membuat aliran darah ke tangan, kaki, tubuh dan perut menjadi berkurang. Kondisi ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan yang bisa memicu rasa tidak nyaman perut kita.
5. Berjalan
Konon, jika berjalan setelah kita selesai makan bisa membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.
6. Jangan Langsung Tidur
Yang satu ini memang sudah jadi rahasia umum. Katanya, makan setelah tidur bisa membuat gemuk karena lemak akan menumpuk. Tapi tahukah Anda akibat buruk yang sebenarnya? Tidur setelah makan akan menghambat kerja percernaan secara benar. Akibatnya lagi,lambung kita akan mengalami infeksi.Tidur setelah makan bisa membuat saluran pencernaan menjadi kembung, usus mengalami peradangan dan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.Akibatnya lagi, lambung kita akan mengalami infeksi.
7. Minum air dingin
Inilah kebiasaan kita terutama ketika udara panas yaitu mengonsumsi air dingin. Ternyata mengonsumsi air dingin saat atau setelah makan membuat makanan terutama yang mengandung minyak atau lemak jadi membeku, sehingga akan terakumulasi di dalam usus. Akibatnya, terjadi penyempitan saluran pencernaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar